Kurs US$/Yuan 16/2/1981=1,6; 14/7/1986=3,71 25/12/1989=4,73 20/12/1993=5,82 24/2/1994=8,72; 7 Juli 1997 = 8, 32; 1/9/2008=6,84; 18/10/2018=6,93

Bung Karno mewakili RI (Rupiah) memrakarsai KTT 5 mata uang terkuat sedunia dollar AS – Euro – Pound sterling – Yen dan Yuan .

BK: Saya akan memanfaatkan posisi sbg tuanrumah Sidang WBIMF Bali untuk menggelar KTT Imajiner 5 mata uang terkuat sedunia dengan Rupiah sebagai moderator yang tahu diri dengan kinerja yang kurang optimal, tapi beritikad baik untuk jadi tuanrumah sekaligus jurudamai dalam perebutan hegemoni mata uang lewat komplikasi perang tarif bea masuk, quota impor ekspor dan manipulasi kurs yang diberlakukan simultan, diam diam oleh para pihak dollar maupun Yuan seperti yang pernah dialami Yen yang dikambinghitamkan serta dipaksa revaluasi dalam The Plaza Accord 1985 ketika Yen Jepang mengalami Yendaka.

Yendaka-san: Terima kasih my dear Bung Karno sebetulnya memang anda punya kapasitas ideal untuk mempersatukan pelbagai sekte agar mengutamakan kepentingan bersama dan tidak ngotot mau mempertahankan hegemoni mutlak yang relatif sudah semakin sulit dicapai oleh negara manapun setelah berkurangnya peran Pax Americana. Saya ingin meyakinkan Trump bahwa RRT tidak mungkin jadi “pengganti dollar sendirian” . Dizaman digital simultan ini bukan zamannya dominasi Pax Britannica seperti Pax Hispanica dan Pax Neerlandica . Tidak mungkin lagi ada Pax Sinica atau Pax Islamica yang perlu barangkali Pax Consortia, konsorsium G 20 yang bisa dikelola secara multilateral me representasi kemajemukan dunia era pasca super power tunggal.Kami bisa memahami Xi Jinping tidak mau ditekan seperti waktu Yendaka 1985 tapi secara kooperatif RRT sudah mempertahankan fix rate ketika krismon meledak di Asia Timur 1998. Sekarang ini memang perlu mawas diri dari kekuatan lama poundsterling US Dollar dan Euro untuk memahami bahwa era kejayaan blok sterling Pax Britanica tidak mungkin balik lagi, juga euro harus menjadi satuan kolektif ya diimbangi oleh Yen dan Yuan serta dimasa depan bisa ada ASEAN Currency Unit (ACU) di kawasan ASEAN. Yen ikut jadi salah satu pilar saja tidak perlu ambisi Pax Japonica.
Yuan RMB: Terima kasih pada Menkeu Indonesia (SMI) yang menyatakan apresiasi terhadap kebijakan Yuan yang meskipun dituduh manipulatif oleh aparat propaganda picik, di puji sebagai dewasa matang mempertahankan fix rate Yuan saat krismon Asia Timur . Yuan melejit bukan karena “manipulasi” tapi ya karena kinerja produksi dan ekspor Tiongkok melampaui impor maka jelas Yuan akan menguat meskipun Yuan tidak ingin direvaluasi berlipat seperti The Plaza Accord buat Yen 1985. Jadi kita mendukung pidato Jokowi supaya 5 mata uang global melakukan ajudikasi rekonsiliasi membentuk arsitektur finansial global meremajakan struktur persahaman Bank Dunia IMF agar lebih mencerminkan situasi kekuatan riil dunia 2020. Juga perlu dipertimbangkan integrasi WTO dan WB IMF menjadi trinitas ekonomi global yang mengelola secara sinkron kebijakan moneter,fiskal dan perdagangan global yang dinikmati oleh seluruh dunia secara lebih adil setara

via Google

via Google

Euro: Dalam semangat itu, Euro setuju penghentianproteksionisme model Trump dan menyerukan semua pihak kembali ke WTO dan menghentikan proteksionisme bilateral yang berkonotasi “sara” dan “imperialistik kolonialistik”. Euro siap berkoordinasi dan bersinergi 5 mata uang global secara pro aktif dan saling menguntungkan seluruh dunia yang menikmati arsitektur finansial global baru yang mencerminkan real politik 2020 bukan 1945.
Poundsterling: Kita setuju mawas diri kekuatan mapan seperti Poundsterling dan memang Inggris Raya meskipun sudah tidak memiliki koloni tetap merupakan kiblat investasi dan transaksi valas global nomor satu bahkan New York sekalipun tidak bisa menggantikan. Jadi meskipun Brexit membawa kita keluar Euro tapi tetap saja kompetisi saling menguntungkan dapat kita wujudkan dengan semangat Win Win Solution dan bukan Evil Winter is Coming.

US$: Nixon yang mengubur Bretton Woods 1971 karena cadangan emas AS akan tergerus terus bila AS harus menjamin atau menerima pertukaran dollar dengan emas yang waktu itu US$ 35/onz Ya kita memang harus kembali ke rencana semula ada trio WB IMF ITO, yang batal terbentuk hanya jadi GATT. Perlu 47 tahun untuk jadi WT0 1994. Jadi memang perlu ada restrukturisasi WB IMF dan koalisi erat dengan WTO untuk mengatasi gap perdagangan dan bukan dengan perang tarif quota impor dan segala macam perang dagang, perang kurs sampai perang cyber yang bisa perang betulan seperti yang dikawatirkan Presiden Jokowi.

BK: Wah saya gembira semua jadi “Pancasilais” solusi dan sinergi win win solution, semua kebagian secara proporsional sesuai kontribusi, kompetensi dan meritokrasi yang sportif, gentleman dan bersih dari benci dengki cemburu iri tabiat “jahat” Kabil yang tega membunuh adiknya sendiri. Apa boleh buat itu dipercaya tiga agama Samawi, maka hidup ini penuh penyakit DNA turunan Kabil itu.
Syukur Indonesia bisa jadi juru damai yang dipercaya semua pihak yang berkekuatan riil dan harus sadar dan bertanggung jawab untuk tidak melakukan hal hal konyol seperti politik “bumi hangus” dan “hara kiri kolektip . Terimakasih dunia yang paham dan alert terhadap bahaya “barjibarbeh” perang ekonomi total, dagang, cyber, currency dan akhirnya bisa perang betulan bernuklir yang konyol dan sangat mengerikan bisa DNA Kabil itu tidak dimusnahkan dengan DNA Pancasila yang berkemanusiaan dalam keadilan meritokrasi bebas DNA sara Kabilisme

Dituliskan oleh Christianto Wibisono